Visi & Misi

Kamis, 07 Januari 2016

Pulau Panjang

Pulau Panjang adalah pulau yang terdapat di Jepara, Jawa Tengah. Pulau dengan luas 19 hektar ini berjarak 1,5 mil laut dari Pantai Kartini, Jepara.

    Pulau ini memiliki pasir putih dengan dikelilingi laut dangkal berair jernih serta memiliki terumbu karang. Bagian tengah pulau ini terdapat hutan tropis dengan pohon yang tinggi menjulang serta diselingi perdu dan semak sebagai tempat burung laut berkembang biak. Flora di pulau ini dominasi oleh pohon Kapuk randu, Asam jawa, Dadap, serta Pinus.

   Pulau Panjang berpotensi sebagai penginapan yang mengusung go green, yaitu dengan membangun penginapan tapi tidak merusak ekosistem hutan tropis. Sayangnya Pemerintah Kabupaten Jepara belum memanfaatkan tersebut. Padahal di Pulau Panjang terdapat Makam Syekh Abu Bakar, sehingga jika ada resort atau vila atau penginapan disini maka para peziarah bisa ke Pulau Panjang di waktu apapun baik siang maupun malam hari karena ada fasilitas yang memadai untuk istirahat.

     Makam Syeikh Abu Bakar seorang tokoh ulama Jepara terdapat di sebelah barat pulau. Tempat ini dilengkapi dengan pendopo, masjid, sarana MCK, cafeteria, bahkan ada air barokah yang dipercaya sebagian orang dapat memberikan manfaat, baik kesehatan maupun keselamatan. Setiap tahun sekurang-kurangnya 4 kali diadakan peringatan (khoul) sehingga pada waktu-waktu tersebut Pulau Panjang dipenuhi para peziarah dan puncak peringatan diadakan bulan Syuro (Muharam).

     Ada dua opsi penyeberangan jika kamu mau mengunjungi Pulau Panjang. Pilihan pertama adalah dari Pantai Kartini dengan jarak 2,5 kilometer atau butuh waktu kurang lebih sepuluh menit untuk sampai ke Pulau Panjang. Kamu bisa naik perahu kayu dengan tarif Rp15.000 per orang untuk pulang pergi. Tapi, kamu mesti sabar jika memilih opsi yang ini karena nelayan akan menunggu hingga perahu penuh untuk menyeberang ke Pulau Panjang. Kalau kamu nggak sabar, bisa menyewa perahu dengan tarif Rp200.000 sampai Rp300.000 sesuai negosiasi.

    Oiya, meski keberangkatan ke Pulau Panjang dan Karimunjawa sama-sama dari Pantai Kartini, tapi dermaganya berbeda ya. Di sini ada papan petunjuk dermaga kapal untuk ke Pulau Panjang, jadi kamu nggak perlu khawatir salah naik perahu. Sementara dari Pantai Bandengan jaraknya lebih jauh sedikit, sekitar empat kilometer dan perjalanan memakan waktu kira-kira 20 menit. Kalau urusan tarif perahu, nggak berbeda jauh dengan keberangkaran dari Pantai Kartini.
    Hanya saja, perahu yang biasa mengantar wisatawan dari Pantai Kartini ke Pulau Panjang biasanya terdapat tulisan Sapta Pesona, sementara dari Pantai Bandengan ada perahu Wisata Bahari. Sepanjang perjalanan menyeberang ke Pulau Panjang, kamu bakal disuguhkan pemandangan laut lepas yang airnya sangat jernih. Begitu sampai di dermaga Pulau Panjang, air yang jernih lengkap dengan hamparan pasir putihnya sudah menunggu kalian di sana. Saking jernihnya, kamu bisa melihat terumbuh karang dari permukaan. Tak puas cuma memandangi terumbu karang? Maka berenang atau snorkling menjadi kegiatan yang menyenangkan di Pulau Panjang. Apalagi, pulau ini dikelilingi laut dangkal sehingga airnya tidak memiliki arus yang deras dan kamu bisa lebih tenang tanpa takut terseret ombak saat bermain air. Selain itu kalian bisa menyusuri Pulau Panjang dengan berjalan kaki mengikuti jalur treking yang telah ada mengelilingi hutan tropis.


 Menikmati sunset juga menjadi pilihan yang menarik di Pulau Panjang ini disaat senja ditepi pantainya. Namun karena belum ada fasilitas penginapan disini, kalian bisa membawa tenda dan perlengkapan lainnya untuk camping di hamparan pasir putih, bisa juga menyalakan api unggun saat malam hari bersama kawan kalian. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar