Visi & Misi

Senin, 04 Januari 2016

Taman Nasional Karimunjawa


    Karimunjawa adalah kepulauan di Laut Jawa yang termasuk dalam wilayah  Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Dengan luas daratan ±1.500 hektar dan perairan ±110.000 hektar, Karimunjawa kini dikembangkan menjadi pesona wisata Taman Laut yang mulai banyak digemari wisatawan lokal maupun mancanegara.

Berdasarkan legenda yang beredar di kepulauan, Pulau Karimunjawa ditemukan oleh Sunan Muria. Legenda itu berkisah tentang Sunan Muria yang prihatin atas kenakalan putranya, Amir Hasan. Dengan maksud mendidik, Sunan Muria kemudian memerintahkan putranya untuk pergi ke sebuah pulau yang nampak "kremun-kremun" (kabur) dari puncak Gunung Muria dengan tujuan agar si anak dapat memperdalam dan mengembangkan ilmu agamanya. Karena tampak "kremun-kremun" maka dinamakanlah pulau tersebut Pulau Karimun.


Inilah gugusan kepulauan sebanyak 27 pulau yang terletak di Laut Jawa, berjarak 83 km di arah barat laut kota Jepara, memiliki luas area sebesar 107.225 hektar, dan merupakan sebuah cagar alam laut yang dilindungi dan kini disebut sebagai Taman Nasional Karimunjawa. 
Karimunjawa adalah salah satu destinasi wisata yang populer di Indonesia, merupakan tempat wisata di Jepara yang sangat terkenal, inilah tempat terbaik untuk merasakan pengalaman wisata laut di Jawa Tengah.
Taman Nasional Karimunjawa memiliki tipe ekosistem hutan hujan daratan rendah, padang lamun, algae, hutan pantai, hutan mangrove, dan terumbu karang. Pesona biota lautnya di antaranya adalah lebih dari 90 jenis karang keras, 242 jenis ikan hias, hingga 133 genera akuatik. Beberapa biota laut di Karimunjawa ini adalah biota yang dilindungi. Beberapa destinasi wisata di Indonesia yang mengagumkan seperti Karimunjawa ini dapat Anda temukan pula di kawasan wisata Bunaken dan Raja Ampat di Papua.


Ada banyak kegiatan wisata memikat yang dapat Anda lakukan di Karimunjawa. Karakteristik seluruh pantai di Karimunjawa memiliki hamparan pasir putih dengan garis pantai yang panjang, berjemur di bawah sinar matahari adalah salah satu kegiatan yang disukai banyak wisatawan. 

Objek wisata Jepara ini menyuguhkan Anda berbagai olahraga air yang seru diantaranya adalah menyelam, snorkeling, memancing, berenang bersama hiu-hiu jinak, berjemur, atau menjelajahi lautnya yang jernih. Selain itu, berbagai keunikan budaya dan tradisi penduduk lokal di sana adalah objek interaksi sosial yang menarik selama kunjungan wisata Anda di tempat wisata Jepara yang satu ini.
Untuk berkunjung ke Karimunjawa Anda bisa berangkat mengunakan KMP Siginjay (Ferry) dari Pelabuhan Kartini Jepara dengan waktu tempuh sekitar 4,5 jam. Keuntungan menggunakan KMP Siginjay tersebut adalah proses boarding yang cepat, dapat membawa barang dalam jumlah banyak, kendaraan bermotor baik sepeda motor maupun mobil, dan tentunya dengan harga yang terjangkau. Harga tiket yang ditawarkan adalah sebesar Rp 59.000 untuk kelas ekonomi dan Rp 96.000 untuk kelas VIP. Harga tersebut diluar biaya angkut untuk kendaraan.
Namun jika Anda menginginkan kemudahan untuk semua akomodasi dan penginapan, Anda bisa memilih paket wisata lengkap yang banyak ditawarkan oleh biro-biro perjalanan atau pariwisata. Salah satunya dapat Anda kunjungi di website www.paketwisatakarimunjawa.co.id. Biro tersebut menawarkan berbagai paket wisata, mulai dari Paket Backpacker, Paket Hotel/Homestay , serta Paket Honeymoon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar